Selasa, 09 Juni 2009

Pabrik Tapioka di Habinsaran di Bangun

Direktur PT. Pancasona Jaya Pratama Parlindungan Siliwangi Manurung melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik tapioka di areal kebun ubi kayu di Dusun Lumban Julu Desa Lintong Kecamatan Borbor Kabupaten Toba Samosir sabtu (06/06) lalu. Peletakan batu pertama itu dihadiri dan disaksikan mitranya Keturunan Ompu Raja Enduk Pasaribu, Bupati Toba Samosir Drs. Monang Sitorus SH MBA, Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Ir. Firman Pasaribu, Ir. Boyke Pasaribu, Undan Sitinjak, Ir. Togar Manurung, Praeses HKBP Distrik IV Toba Pdt. Parulian Sibarani M.Th, Camat Habinsaran, Camat Nassau, Camat Borbor beserta Uspika lainnya, Direktur PT. Godang Tua Jaya Rekson Sitorus, Plasma dari 7 Kecamatan dan masyarakat sekitar.
Bupati Toba Samosir didalam sambutannya dikatakan, bahwa Kabupaten Toba Samosir masih sangat potensial pengembangan usaha-usaha untuk pembangunan ekonomi rakyat, karena lahan tidur masih luas seperti di Kecamatan Nassau 17.000 ha, Kecamatan Habinsaran 12.000 ha dan di Kecamatan Borbor 5.000 ha. Oleh karenanya Pemkab Toba Samosir sangat respon atas kehadiran PT. Pancasona Jaya Pratama yang menanamkan investasinya membangun pabrik Tapioka yang menurut schedulenya bulan Desember 2009 pembangunannya sudah selesai. "Tetapi masyarakat janganlah menuntut macam-macam kepada para investor yang sudah mau menanam modalnya di Toba Samosir, khususnya di Desa Lintong Kecamatan Borbor.", pinta Bupati.
Bupati juga mengatakan selama ini daging babi yang dikonsumsi masyarakat Toba Samosir berasal dari Pematang Siantar dan Tanah Jawa. Tetapi setelah hadirnya PT. Pancasona Jaya Pratama, Toba Samosir tidak akan mengimpor lagi ternak babi dan ampas dari luar karena sudah tersedia di PT. Pancasona Jaya Pratama.
Direktur PT. Pancasona Jaya Pratama Parlindungan Siliwangi Manurung mengatakan ubi kayu yang sudah ditanami telah mencapai 500 ha dan dalam bulan ini 15 unit traktor baru sudah dimasukkan oleh Direktur PT. Pancasona Jaya Pratama. Dengan berdirinya pabrik tapioka ini maka ampas ubi sudah tersedia untuk bahan makanan ternak babi yang ditargetkan pada bulan Nopember sudah masuk dengan trailer. Parlindungan mengakui bahwa ampas ini lebih bau dari PT. TPL, tetapi ini tidak akan bau karena tiap hari akan didistribusikan.
Direktur PT. PT. Gondang Tua Jaya mewakil masyarakat, kepada seluruh warga desa Lintong mengharapkan apabila memberikan kritik dan saran kepada perusahaan, hendaknya bersifat membangun, karena PT. Pancasona Jaya Pratama datang ke Desa Lintong adalah untuk menghantarkan uang melalui perusahaan tapioka. "Untuk itu mari kita majukan perusahaan yang sudah membuka lapangan kerja buat masyarakat Lintong ini," tandas Rekson Sitorus.
Menanggapi pesan Rekson Sitorus, salah seorang Keturunan Ompu Raja Enduk Pasaribu Budiman Pasaribu menyatakan masyarakat sangat senang dan menyambut baik didirikannya perusahaan tapioka di Desa Lintong, karena perusahaan akan menyerap tenaga kerja dan membagi hasilnya sebanyak 10% kepada masyarakat Desa Lintong. Budiman Pasaribu juga mengatakan bahwa perusahaan dalam bentuk sewa selama masih produksi.

Tidak ada komentar: