Sabtu, 13 Juni 2009

Nama Sabam Sirait Ditabalkan Menjadi Nama Sebuah Jalan di Porsea Tobasa

Sabam Sirait bersama, anggota Keluarga diantaranya dr. S. Sidabutar dan Marhuarar Sirait didampingi Ketua DPRD Tobasa Mangatas Silaen, Bupati Tobasa Drs. Monang Sitorus SH MBA, Intan Marpaung, Kapolres Tobasa berphoto bersama seusai penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung nama jalan.


Siapa yang tidak mengenal Sabam Sirait. Dia adalah salah seorang politisi senior PDI Perjuangan putra asal Porsea Kabupaten Tobasa yang telah sukses. Nama Sabam Sirait yang dikenal sebagai tokoh Nasional itu, ditetapkan menjadi nama sebuah ruas jalan di Kecamatan Porsea hingga Kecamatan Parmaksian sabtu (13/6), ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Drs. Monang Sitorus SH MBA dan pembukaan selubung papan nama jalan oleh Ketua TP PKK Tobasa Intan Marpaung.
Penetapan nama Jalan Sabam Sirait itu dilakukan berdasarkan Peraturan Bupati No 6 tahun 2009. Panjang jalan + 5 km mulai Kelurahan Pasar Porsea sampai Simpang Perguruan Parulian 4 Porsea Desa Lumban Sitorus Kecamatan Parmaksian.
Pada acara penetapan nama jalan itu, Sabam Sirait hadir didampingi keluarga di antaranya dr. S. Sidabutar (Istri), Maruarar Sirait (anggota DPR RI), Putra Nababan dan Panda Nababan (anggota DPR RI), Wakil Bupati Taput Bangkit Silaban SE, Budiman Nadapdap (anggota DPRD Sumut), Ketua DPRD Mangatas Silaen, Kapolres AKBP F. R. Samosir P, Kajari Balige Timbul Pasaribu SH, para Kepala Desa, Camat se-Tobasa.
Dengan terlaksananya penabalan nama jalan itu, Ketua DPRD Mangatas Silaen mengucapkan terimakasih kepada Sabam Sirait karena telah bersedia namanya ditabalkan menjadi nama satu ruas jalan di Tobasa, dan sekaligus berharap dengan penabalan itu, putra-putri asal Tobasa yang telah sukses tergugah hatinya untuk berkontribusi membangun Tobasa tercinta.
Sementara Bupati lebih terpokus kepada kronoligis terjadinya penabalan itu. Bupati menjelaskan penabalan nama Sabam Sirait menjadi nama satu ruas jalan adalah usulan tokoh masyarakat dan BPD kepada Pemkab Tobasa melalui Camat dan oleh Bupati dibuatkan dalam satu peraturan. “Tidak ada peraturan yang melarang memberikan nama sesorang yang masih hidup menjadi nama ruas jalan,“ kata Monang Sitorus seraya menjelaskan pemberian nama-nama jalan dengan nama putra-putra Tobasa yang memberikan perhatian ke Bonapasogit adalah untuk lebih mengikat emosional putra Bonapasogit yang telah sukses kepada kampung halamannya.“
Bupati menambahkan, nama-nama putra terbaik Tobasa yang telah diresmikan menjadi nama ruas jalan di Tobasa diantaranya DR Sutan Raja DL Sitorus, Bisok Siahaan, Ternama Sinambela Darius Marpaung dan Prof Midian Sirait.
Menyikapi penabalan namanya menjadi nama ruas jalan, Sabam Sirait mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tobasa. Menurut Sabam sebelumnya dirinya menolak namanya ditabalkan menjadi nama salah satu ruas jalan di Porsea, alasannya karena masih ada beberapa tokoh asal Porsea yang lebih berjasa seperti Lintong Sitorus dan Elom Sibuea asal Pangombusan. Oleh karena itu Sabam mengusulkan kepada Bupati agar nama kedua tokoh itu diabadikan menjadi nama salah satu ruas di Porsea. ***

Tidak ada komentar: